Rabu, 21 November 2018

Menerjemahkan Dengan Mudah Bersama LPPIQ



Menerjemahkan Dengan Mudah Bersama LPPIQ

Assalamualaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang apa yang saya tangkap pada saat pembelajaran tentang Terjemah Al-Qur'an oleh LPPQ kemarin
Sebuah lembaga yang berada di Karah Taman Asri 1 No 30, Jembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur ini dinamakan LPPIQ yaitu Lembaga Pendidikan Lembaga Pendidikan Dan Pengkajian Ilmu Al-Qur’an inisuatu lembaga yang mendidik mengkaji ilmu Al-Qur’an dengan mudah. Seperti hal nya Allah telah besabda pada surat Al-Qur’an:
وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ
“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar: 17,22,32,40).
Hal ini sangat diperhatikan bahwa firman Allah telah mengemukakan betapa mudahnya belajar Al-Qur’an sehingga Allah berfirman dalam surat Al-Qomar 4 kali dengan ayat yang sama di akhir ayat tersebut pula menanyakan kepada kita tentang sudah mudahnya belajar Al-Qur’an lalu adakah yang mau mengambil pelajaran?.

Metode mudah yang digunakan di LPPIQ ini tidak harus terlebih dahulu kita mepelajari kaidah bahasa arab secara lengkap, karena digunakan nya system belajar bersama langsung dari mulai awal surat sambil mengenal kaidah kaidah bahasa arab.

Dengan belajar nya dari awal surat yakni surat Al-Fatihah dan dilanjutkan surat Al-Baqarah yaitu tepat nya di juz 1 akan lebih mudah karena hampir 80% kosakata yang ada di Al-Qur’an terdapat di Al-Fatihah dan Al-Baqarah yakni di juz 1 dan 20% terdapat di surat-surat pendek. Jadi bisa disimpulkan strategi ini membentuk sebuah segiti yang dari bawah terdapat sura Al-Fatihah dan Al-Baqarah dan di paling atas An-Naas.



Dalam Al-Qur’an kosakata bahasa arab terdapat 110.000 kosakata namun 79% kosakata itu diulang-ulang jadi jika di asumsikan juz 1 terdapat 3.680 kosakata setelah dipelajari ternyata 2.520 kosakata terulang-ulang, maka jika jumlah dikatakan tadi 110.000 hal tersebut tidak akan sampai. Jadi apabila kita ingin cepat dalam belajar menerjemahkan dan lancer dalam membaca  Al-Qur’an ada 2 poin yaitu:
1.      Lancarkan bacaan surat Al-Baqarah, maka lancarlah bacaan Al-Qur’an
2.      Tarjimlah surat Al-Baqarah, maka kamu bisa menerjemahkan Al-Qur’an

Metode ini sangat membantu untuk kita mengenal lebih banyak tentang Al-Qur’an itu sendiri karena Al-Qur’an adalah sebuah pedoman sudah ada dari kalam Allah dan sudah ada sejak zaman nabi Muhammad SAW. Perlu diingat bahwa dalam menerjemahkan Al-Qur’an ini tidak bertujuan untuk merubah kalam Allah Karena pembelajaran ini bertujuan untuk kita lebih mengenal Al-Qur’an dan mengenal Al-Khaliq yaitu Allah SWT. sabda rasulullah nabi Muhammad saw :
    خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. al-Bukhari)

Dikutip dari apa yang ditulis oleh Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag yang saya ambil dari website beliau yaitu http://www.terapishalatbahagia.net

                Adz Dzahaby dalam At Thibbun Nabawy mengatakan, “Menyanyi adalah denyut kesenangan yang menguatkan emosi, memperlambat penuaan dan mengusir penyakit.” Bacaan Al Qur’an yang merdu oleh imam shalat dapat menggerakkan gelombang electromagnetic yang menggetarkan kulit dan menenangkan hati makmum dan semua pendengarnya (QS. Al Zumar [39]: 23). Suara kalam ilahi itu juga dapat menggetarkan gunung dan bumi (QS. Al Ra’d [13]:31).

                Jika musik tanpa energi ilahiah bisa memberikan penyembuhan, maka ayat-ayat Al Qur’an pasti lebih dahsyat pengaruhnya, sebab setiap huruf yang masuk ke dalam telinga mengandung minimal sepuluh energi positif. Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab suci Allah, maka dia mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan berlipat sepuluh. Aku tidak menghitung alif lam mim satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf” (HR. At Tirmidzi).

                Mulai sekarang, jangan lewatkan satu haripun rumah Anda tanpa suara Al Qur’an. Keraskan bacaan Anda dengan irama dan alunan yang membuat hati Anda berbunga-bunga, penuh suka cita. Semoga Anda juga secara bertahap memahami kandungan maknanya. Dari sound healing therapyinilah kita bisa mengerti mengapa Nabi SAW memerintahkan Anda melagukan Al Qur’an, “Bukanlah pengikutku orang yang tidak melagukan Al Qur’an” ( HR. Al Bukhari dari Abu Hurairah r.a). Selamat menyambut kesehatan, ketenangan hati dan limpahan rahmat Allah melalui lagu-lagu Al Qur’an.
Mungkin hanya ini yang dapat jelaskan tentang bagaimana cara menerjemahkan Al-Qur'an oleh LPPQ kemarin, semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan saran atau komentar kalian, kurang dan lebihnya saya mohon maaf, karena sesungguhnya kesalahan datangnya dari manusia dan kebenaran hanya datang dari Allah.

Billahi fii Sabil Haq Fastabiqul Khairat,

Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar